Riset Produk: Cara Memilih produk yang akan Laris Di Internet

Memilih produk terbaik untuk dijual itu tidak sembarangan. Ada ilmunya, kebanyakan orang menjual barang berdasarkan perkiraan pribadi,

.. bahwa ini bagus dan itu jelek,

.. barang ini akan laku di pasaran dan itu tidak.

Ini adalah kesalahan fatal.

Begini contohnya;

.. misalnya anda ingin menjual sepatu. Secara psikologis, anda akan memilih berdasarkan jenis, model, bahan, harga dan warna sepatu yang anda sukai.

Proses menentukan apakah produk ini yang bagus atau produk itu yang jelek tidak sesederhana anda memilih sepatu untuk pribadi.

Anda harus ingat,

.. Anda bukan memilih produk untuk diri sendiri. Anda memilih produk untuk dijual kepada sekelompok orang yang seharusnya sudah anda pertimbangkan sebelumnya.

Artinya,

.. penilaian bagus atau tidaknya sebuah produk harus didasarkan pada penilaian orang lain yang mewakili sampel populasi target market anda.

Jika anda menjual sepatu outdor, anda harus memiliki data setidaknya dari 10 orang yang memiliki hobi hiking (misalnya, apa bahan yang anda sukai untuk sepatu hiking?).

Bagaimana caranya mendapatkan data tersebut?

Cara paling mudah dengan melakukan survey kepada beberapa orang, terkait produk yang akan anda jual.

Dalam memilih produk, Anda bisa memulai dari melihat trend pasar, kemudian menciptakan produk, lalu menguji produk, baru kemudian memproduksinya.

Jangan sekali-kali menjual produk hanya karena anda suka, tanpa ada data yang pasti.

Berikut 3 cara riset produk yang biasa saya lakukan ;

1. Lakukan Riset Di Marketplace

Marketplace menjadi tempat tepat untuk melakukan riset produk. Anda bisa mendapatkan beberapa rekomendasi produk yang sedang diminati pasar.

Mari kita coba,,

Jika anda akan melakukan riset produk di marketplace shopee maka ;

Pertama,

.. anda bisa membuka marketplace shopee di https://shopee.co.id/. Pada kolom pencarian produk, ketikan kategori atau jenis barang yang anda akan coba riset.

Cara riset produk

Kedua,

.. pilih jenis produk yang paling laris, pada gambar yang saya contohkan, saya coba dengan kata kunci “sepatu hiking”, terlihat ada beberapa produk yang paling diminati.

Dengan cara ini, Anda bisa mengumpulkan list produk yang potensial di pasar berdasarkan data di marketplace shopee.

Riset produk paling banyak di beli di shopee

Saat ini anda sudah memiliki data produk “sepatu hiking” yang laris di shopee.

Cara ini bisa anda lakukan setidaknya di marketplace ternama, seperti Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak.

2. Manfaatkan Google Trends

Bagi saya ini adalah pilihan kedua setelah marketplace.

Kenapa?

“Karena algoritma google trends menjangkau semua kueri kata kunci, dan tidak spesifik pada kueri produk terlaris “.

Google trends menjangkau hampir semua kueri kata kunci produk terkait. Jika anda tidak teliti mengamati trends, anda bisa jadi sedang disuguhi data yang telah basi.

Atau,

.. jika anda salah memilih kata kunci, bisa jadi anda sedang disuguhi data yang sama sekali tidak membantu anda menemukan produk terbaik.

Jika produk yang dicari adalah produk yang sedang trends, maka penting bagi anda membaca statistik google trend dengan benar.

Begini contoh statistik yang sudah basi.

Riset produk dengan google trends

Bagi yang belum pernah membuka google trend, berikut tampilan statistik google trend.

.. jika kita mengetikan sebuah kata kunci, pada contoh ini saya mengetikan kata kunci ” Batu Akik”. Dan trend batu akik sudah basi.

Dan berikut contoh data yang tidak pas untuk mencari produk ;

.. saya ketik kata kunci “mainan anak”. Data di atas menjadi sial-sia, karena kata kunci “mainan anak” masih menjadi kata umum, tidak spesifik pada produk tertentu.

Seharusnya, anda ketikan misalnya ” mainan karakter superman”.

Memilih kata kunci yang tepat jadi kunci penggunaan google trend, untuk mendapatkan data yang baik.

Jika riset produk anda menggunakan google trends, berikut langkahnya;

Pertama,

Anda kunjungi URL google trends di ; https://trends.google.co.id/trends/?geo=ID

Menemukan produk yang tepat di google trends

Setting beberapa hal seperti, lokasi, waktu dan bahasa. Kemudian ketikan kata kunci yang anda inginkan.

Kedua,

Perhatikan,

.. tidak seperti riset di marketplace. Kunci sukses riset di google trend saat memilih kata kunci bidikan.

.. popularitas sebuah trend memiliki fasenya,

Fase pemicu, fase pertumbuhan, fase mature , fase penurunan lalu akan berulang pada produk-produk tertentu ( mislanya trend fashion baju muslim).

Fase pemicu bisa dimulai oleh sebuah brand yang gencar melakukan promosi, atau oleh figur artis terkenal. Pada beberapa kasus fase pemicu terjadi karena ketidak sengajaan.

Fase pertumbuhan dimulai saat audien mulai aktif mencari kata kunci tersebut,

Fase mature dimulai saat populasi sudah berada pada puncaknya dan stagnan.

Fase penurunan dimulai saat terjadi kejenuhan pasar, bisa karena momentum yang sudah lewat, atau terjadi karena adanya produk pesaing/ upgrade produk.

Fase trend sebuah kata kunci di google analitik

Ketiga,

Waktu terbaik mengambil keputusan adalah pada fase pertumbuhan. Jika anda masuk pada fase ini, akan banyak keuntungan yang bisa anda peroleh.

3. Kuisioner

Kuisioner menjadi cara terbaik jika;

  1. Anda ingin menciptakan Brand
  2. Barang yang akan anda jual masih benar-benar baru dan unik
  3. Produk-produk khusus untuk target market yang khusus pula.

Metode ini bisa anda lakukan secara online, dan bisa juga dilakukan secara offline.

Anda bisa memanfaatkan google form, media sosial atau dengan cara yang sedikit kuno yaitu menyebarkan form kuisioner menggunakan hard copy kepada calon pengguna.

Setidaknya anda harus memiliki 100 sampel percobaan untuk menemukan data yang falid dan meminimalkan margin eror.

Memilih metode kuisioner akan sangat efektif jika anda sudah memiliki database calon konsumen anda.

misalnya, berupa nomor kontak atau email.

Kesimpulan

3 cara ini adalah rekomendasi saya, silahkan pilih dan sesuaikan dengan produk yang sedang atau akan anda riset. Ada yang cocok di riset di marketplace, namun tidak tepat di riset di google trend, dan juga sebaliknya.

Selalu ikuti update blog ini, setiap minggu akan ada artikel baru yang terbit.

Jangan lupa join di telegram saya di SINI.

.. saya akan berbagi banyak hal dengan gratis tentang Internet Marketing seperti Make Money online, Tips Afiliasi dan Pengalaman Jualan Online.

Anda juga bisa mulai membaca artikel pertama berupa pendahuluan tentang 3 cara saya dapat penghasilan dari internet.

3 thoughts on “Riset Produk: Cara Memilih produk yang akan Laris Di Internet”

Leave a Comment